Provinsi SVD Ende

2018 Provinsialat SVD Ende, NTT, Indonesia

(C)copyright 2018 By CH95 Web Design

PERNYATAAN MISI PROVINSI SVD ENDE

Digerakkan oleh visi dialog Allah Tritunggal dalam diri-Nya dan dialog-Nya dengan segenap umat manusia serta seluruh ciptaan guna menegakkan kerajaan-Nya yang membebaskan dan menyelamatkan;

diilhami oleh contoh hidup Yesus Kristus, Sang Sabda yang menjelma, yang hadir dan berkarya secara universal untuk membangun persekutuan dan menghargai perbedaan,

kami anggota Provinsi SVD Ende bertekad untuk melaksanakan dialog profetis dalam hidup dan karya kami di lembaga-lembaga Serikat, di paroki-paroki, dan dalam pelbagai bentuk kerasulan kategorial.

Melalui dialog ini selama satu abad kami telah menerima anugerah hidup dan perutusan dari banyak misionaris dari pelbagai bangsa dan kebudayaan. Pada gilirannya, kini kami rela berbagi hidup dan perutusan dengan orang lain dari “semua bangsa, suku, kaum, dan bahasa”. Dialog ini akan menggerakkan kami dan para mitra dialog kepada kebenaran yang lebih penuh yang mesti menuntun kami dalam segala upaya menghidupi nilai-nilai Kerajaan Allah di dunia ini. Untuk itu, kami perlu terbuka mendengarkan dan belajar dari para mitra dialog kami, bersedia mengakui kesalahan, mau berubah,  berani dan jujur bersaksi tentang kasih Allah.

Dalam rangka catur dialog profetis, untuk tiga tahun mendatang kami bertekad memberi prioritas  pada upaya memperjuangkan kebijakan publik yang lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat banyak dan pemberdayaan komunitas-komunitas yang kami dampingi, demi mengatasi masalah-masalah yang bersentuhan dengan kemiskinan dan korupsi, berpautan dengan rendahnya mutu pendidikan, berjalinan dengan pencemaran lingkungan, dan yang berkaitan dengan berbagai dampak dari urbanisasi dan migrasi.

Agar berhasil berbagi hidup dan perutusan, kami perlu meningkatkan dialog profetis ke dalam, yakni di antara samasaudara dalam komunitas rumah, wilayah, dan provinsi, serta di antara semua komisi dalam provinsi.